Baca Pengertian RAM dan Fungsinya


pengertian RAM dan fungsinya
Lumayan keren juga RAM bekas dipakai sebagai asesoris kunci dan kadang digantung pada tas kuliah. Siapa pun yang bekerja sebagai di teknologi informasi sudah kenal pada pengertian RAM dan fungsinya, juga mereka yang maniak game, serta aplikasi #software sekarang ini yang membutuhkan RAM dengan kapasitas besar supaya aplikasi tersebtut berjalan lebih lancar dan cepat diakses.

Fungsi RAM pada sistem #komputer adalah sangat penting.  Dengan fungsinya RAM membantu meringankan beban kerja #prosesor komputer. Pengertian RAM dan fungsinya RAM (Random Acces Memory) adalah media penyimanan data dalam sebuah sistem komuter. Kemampuan kerjanya lebih cepat dari daripada floppy disk, hard disk, atau CD-ROM. Informasi yang disimpan di RAM ini dapat diakses ketika komputer mulai berjalan. Informasi yang sebelumnya disimpan di RAM akan menghilang ketika komputer kita matikan atau #shutdown. Ketika komputer dihidupkan kembali, informasi dari hard disk diambil untuk mengaksese RAM. RAM  seperti memori utama yang dapat diakses oleh program.

Bagaimana cara kerjanya?
pengertian RAM dan fungsinyaSeperti otak manusia RAM mampu memanfaatkan memori jangka panjang komputer untuk informasi. Hal ini sering diperlukan bila memori jangka pendek menjadi penuh. Sebagian besar komputer sekarang mempunyai kapasitas RAM dari Mega sampai Terra, ditambah dengan hard disk yang memiliki kemampuan dengan kapasitas sangat besar.

Jenis-Jenis RAM

1. RAM
Ditemukan pertama kali oleh Robert Dennard, RAM  menggunakan slot 30 pin pada motherboard.
2. DRAM
IBM menciptakan memory di namai DRAM tahun 1970, DRAM sendiri merupakan singkatan dari Dynamic Random Access Memory 
4. EDO DRAM EDO 
DRAM (extended data output dynamic random access memory) diciptakan tahun 1995. EDO DRAM  menggunakan slot motherboard 72 pin.
5. SDRAM
Kingston menciptakan SDRAM peralihan tahun 1996-1997, Slot pada motherboard 168 pin.
6. DR RAM
DR RAM atau  Direct Rambus Dynamic Random Access Memory dibuat tahun 1999 oleh Rambus. 
7. DDR SDRAM
DDR SDRAM kependekan dari Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory dibuat tahun 2000 oleh Crucial. Slot yang  pada motherboard 184 pin.
8. DDR3 SDRAM 
9. SO-DIMM 
Small Outline Dual In-Line Memory Module (SO-DIMM) memori ini banyak digunakan pada #laptop juga #notebook. Bentuknya lebih kecil dan pendek dari memori pc biasa.

Demikianlah artikel tentang Pengertian RAM dan Fungsinya.

Semoga bermanfaat.
Read More:

Komentar

Related posts

How to Use Spdif Out On Motherboard

Penyebab Cpu Nyala Tapi Monitor Tidak Nyala

Panduan Membersihkan Cache Browser