Mengenal Komputer, Laptop, Smartphones

perangkat komputer, laptop, smartphones dan fungsinya
Hari begini masih membahas komputer, apa ngga jadul bro? Biarin saja, ngga masalah, saya pertama kali kenal pc jadul dengan sebutan pc xt, masih pakai sistem operasi dos, pakai disket ketika mau melakukan booting, beli disket jaman dulu harganya 5000 rupiah, akrab dengan perintah-perintah dos. Akhirnya punya pc tipe dx486, senangnya luar biasa.

Kembali ke komputer, kepalang basah nyebur sekalian, ayo kita mengenal perangkat komputer, laptop, smartphones dan fungsinya. Komputer sendiri mulai dikenal sekitar tahun 1940 dimana ketika mengoperasikannya dibutuhkan banyak orang. Komputer merupakan mesin yang memiliki tugas menghitung serta menerima berbagai macam perintah.

Saat ini komputer menjalankan perangkatnya dari hardware dan software. Hardware sendiri di "otaki" dengan nama cpu / central processing unit (cpu) atau microprocessor untuk menterjemahkan berbagai perintah, hardware ini didukung monitor, keyboard, mouse, printer, and dan perangkat lain disebut hardware devices atau singkatnya devices. Sedangkan sofware merupakan perintah atau program pelaksana dari penggunanya, seperti membuat surat anda menggunakan ms word dengan mengetiknya menggunakan keyboard sebagai hardwarenya walau sekarang sudah dibuatkan secara virtual. Untuk menjalankan komputer dan perangkatnya maka berperanlah Operating System (OS).

Komputer memiliki banyak tipe yang beragam bila dikaitkan dengan otaknya yaitu microprocessor maka saat ini sudah dipakai hampir diberbagai perangkat sepeti mobil, tv, stereo systems, kalkulator dan sudah masuk ke alat-alat rumah tangga.
  • Namun terkait dengan komputer desktop / pc desktop didesain di letakkan di meja maka komputer ini memiliki perangkat seperti cpu, monitor, keyboard, mouse dan kadang didukung dengan audio system. Bila komputer dan perangkatnya tersebut memiliki brand atau merk sama akan disebut dengan built up. 
  • Berbeda dengan laptop komputer, komputer jenis ini sudah "dibangun" dalam satu case / wadah. Laptop menggunakan bateri sebagai sumber dayanya, tepat dipakai bagi anda yang suka bepergian / mobile.
  • Jaman sekarang siapa yang tidak akrab dengan sebutan smartphones alias mobile phones, dari anak kecil sampai orang tua memiliki komputer mini ini. Ya dengan berbagai macam kecanggihannya serta kemudahan memilikinya membuat semua orang "asyik" dengan devices ini.
Baca juga:
Jadi apa saja sih kegunaan komputer, laptop dan smartphones ini?

perangkat komputer, laptop, smartphones dan fungsinya
Secara umum perangkat pintar ini, saat ini lebih banyak digunakan sebagai berikut:
  • E‑mail 
Email / short for electronic mail sebagai sarana komunikasi tanpa kertas. Anda dapat mengirim pesan dan menerima pesan kesemua orang, dapat menyimpan pesan tersebut, meneruskannya, mengirim pesan disertai file, dokumen, gambar bahkan video. Hmm jauh sekali perbedaanya dengan surat konvensional, pantas pelayanan pengiriman surat mati suri, namun sekarang masih ada lho yang masih menggunakan cara demikian.
  • Instant messaging
Siapa saat ini yang masih belum menggunkan im ini, tunjuk tangan? Hehehe, whatsup, fb, kalau dulu jaman jadul ym, merupakan sarana komunikasi secara langsung, bahkan ketika terhubung anda bisa bicara melihat wajah teman anda. Yang dulu hal ini merupakan hal yang mustahil. Ya menggantikan fungsi telepon konvesional itu.
  • Music dan video
Perangkat sekarang ini memudahkan anda mendengarkan musik dan menonton video kesukaan anda. Namun tentu akan berbeda bila mendengarkan atau konser secara langsung dong....menonton video dirumah bisa juga lho seperti menonton di bioskop tapi akan tetap berbeda menoton dibioskop ditemani oleh si dia. Untuk kegunaan ini menonton secara live belum bisa tergantikan.
  • Gaming
Nah kalau ini sedang ngetren-ngetrennya, siapa yang tidak kenal dengan game dota, mobile legend, pubg. Menggunakan komputer untuk bermain game suda merupakan keharusan. Saya sendiri lebih suka menggunakan komputer daripada smartphone bermain game, jelas sangat berbeda.

Ssst rahasia ya..
Pada tahun 1946, militer amerika serikat membuat ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) dianggap sebagai komputer elektronik pertama. Secara fisik ENIAC ini memiliki berat lebih dari 27 ton..busyet berat amat dah, dan menggunakan 18 ribu transistor tabung.

Thnks
TerminalCPU

Read More:

Komentar

Related posts

How to Use Spdif Out On Motherboard

Penyebab Cpu Nyala Tapi Monitor Tidak Nyala

Panduan Membersihkan Cache Browser