Mau Tahu Keuntungan dan Kerugian Menggunakan WLAN

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan WLANKeuntungan dan Kerugian WLAN, Sekarang ini penggunaan laptop atau notebook bukan lagi menjadi barang mewah, apalagi diperkantoran sudah mulai terjadi pergeseran dari pc desktop yang memakan area lebih besar dari perangkat komputer jinjing. Disamping itu laptop atau notebook lebih mudah terkoneksi ke jaringan karena menggunakan wireless sehingga tidak membutuhkan kabel-kabel yang kadang membuat rumit.

Jadi apakah keunggulan menggunakan wireles lan?
Wireless Local Area Network(WLAN) merupakan jaringan lokal menggunakan gelombang radio sebagai alat komunikasinya. 
Gelombang radio dapat melewati dinding dan lebih efisien karena tidak memerlukan banyak kabel. Jika Anda menggunakan leptop biasanya sudah terintegrasi dengan WLAN. 
Sangat mudah digunakan / user friendly dengan harga yang rendah sebagai alternatif pilihan jaringan di rumah.

Namun, karena tidak ada yang sempurna di dunia ini, WLAN membawa beberapa kerugian. 
Pengguna laptop dapat beroperasi dekat WLAN dan bisa di-hack oleh pelaku yang tidak bertanggung jawab. Hal ini membuat masalah keselamatan data dan privasi Anda menjadi terganggu. 
Walaupun sifat dari gelombang radio dapat melewati hampir setiap permukaan, terlalu banyak rintangan di jalan seperti bangunan dapat menurunkan kekuatan transmisi. Seperti banyak laptop dengan berbagi bandwidth yang sama, kecepatan transfer data secara signifikan lebih rendah atau berkurang dalam WLAN.

LAN nirkabel atau menggunakan kabel lebih nyaman di mana tingkat mobilitas tinggi, perusahaan biasanya menyediakan sambungan kabel untuk tempat kerja yang tidak berubah, membutuhkan biaya kabel, konektor dan laninnya, sedangkan wireless LAN untuk pengguna yang memiliki lokasi tidak tetap. Pada akhirnya, WLAN harus diinstalasi karena kebutuhan pengguna laptop dengan mobilitas tinggi dan kemudahan instalasinya.

Demikianlah yang dapat saya ketahui tentang keuntungan dan kerugian WLAN.

Enjoy.
Read More:

Komentar

Related posts

How to Use Spdif Out On Motherboard

Penyebab Cpu Nyala Tapi Monitor Tidak Nyala

Panduan Membersihkan Cache Browser