Mengapa Memilih Teknologi Prosesor dari AMD

Teknologi Prosesor dari AMD
Prosesor AMD
Tidak terasa  cpu yang dipakai oleh keponakan saya umurnya hampir 6 tahun. Entah kepikiran apa sehingga dia membeli pc tersebut, namun mudah ditebak bermain game... Dari konsol nintendo, ps, laptop, pc jadul yang saya miliki dia mainkan. Dan semenjak merebaknya game online maka tidak ada pilihan lain perangkatnya harus di upgrade ke yang lebih tinggi yaitu memakai pc yang mumpuni atau katanya video tidak ngelag.

Nah setelah baca sana baca sini, pilihan dia akhirnya menggunakan prosesor dengan teknologi AMD. Walau dari pengalaman Saya pernah akrab dengan pekerjaan IT, jarang sekali memakai prosesor AMD karena tampaknya tidak familiar dan isu sebagian besar adalah prosesor ini panas. Namun dari pembicaraan dengan keponakan saya didapatlah alasan mengapa dia membelinya :

  1. Harga prosesor AMD tentu lebih murah dari pada prosesor intel
  2. Lebih cocok untuk bermain game, walau prosesor intel juga mendukung hal ini.
  3. Sempat saya sampaikan prosesor ini panas, namun di akali dengan memakai kipas angin, sampai saat ini aman-aman saja, casing cpu dibuka dan tidak pakai ac.

Yo weslah..

Namun dibalik cerita diatas sedikit mengulas teknologi prosesor AMD dan latar belakangnya. Yang Saya cuplik dari Wikipedia.

AMD atau advanced micro devices merupakan perusahaan semikonduktor  berbasis di Sunnyvale, California USA. Mengembangkan prosesor komputer dan teknologi lain. AMD adalah kompetitor intel corporation dibidang teknologi prosesor ini.

Salah satu terobosan dalam persaingan tersebut AMD mengeluarkan produk AMD accelerated processing unit, di mana teknologi ini menggabungkan unit processor AMD, chipset northbride dan chipset pengolah grafis (gpu) radeon, menjadi sebuah processor  untuk bersaing dengan rivalnya intel untuk pangsa pasar processor. AMD juga berusaha menciptakan processor yang lebih hemat daya, rendah suhu dan juga memiliki harga yang terjangkau.

Pihak AMD mengeluarkan produk teknologi CPU dengan produknya HyperTransport yaitu high-bandwidth, low-latency system bus digunakan CPU AMD dan APU dan Infinity Fabric sarana komunikasi pada  AMD Zen microarchitecture

Dibidang teknologi Grafis mengeluarkan produk :

  • AMD Eyefinity
  • AMD FreeSync 
  • AMD TrueAudio 
  • AMD XConnect 
  • AMD CrossFire
  • Unified Video Decoder (UVD)
  • Video Coding Engine (VCE) 

Dengan harga yang bersaing dengan prosesor INTEL dan kemampuan prosesor AMD yang semakin ciamik tak dapat dhindarkan pilihan para gamers adalah menggunakan teknologi AMD apalagi didukung penyedia kartu grafis pendukung tampilan yang semakin mempesona. Kita tunggu selanjutnya teknologi AMD ini.

Semoga bermanfaat.

Read More:

Komentar

Related posts

How to Use Spdif Out On Motherboard

Penyebab Cpu Nyala Tapi Monitor Tidak Nyala

Panduan Membersihkan Cache Browser