Printer Inkjet Versus Printer Laser, Pilih Mana?

Pengalaman printer macet baik menggunakan tinta inkjet maupun printer laser sama yaitu bawel dan rewel. Namun bawel dan rewel printer laser rada lebih sedikit dari pada printer inkjet. Nah dibawah ini sedikit mengulas dimana kelebihan dan kekurangan diantara dua tipe printer tersebut.

Pemilihan dan penggunaan dari dua tipe printer ini lebih banyak kepada harga bukan kepada kualitas karena kebanyakan lebih kepada keperluan sendiri dirumah dan pekerjaan yang ringan. Akan berbeda bila penggunaan untuk pekerjaan dan mencetak dokumen lebih banyak apalagi bila dokumen terkait dengan desain dan grafis. Namun akhir-akhir ini perbedaan kedua jenis printer baik inkjet dan laser hasil cetakan untuk lingkup individu sudah tidak banyak perbedaan.

Penggunaan laser printer hasil cetaknya lebih baik dari inkjet printer, note: dari pengalaman dan pengamatan saat bekerja sebagai teknikal support. Laser printer mampu mencetak lebih cepat dan menghasilkan cetakan jauh lebih baik dari versi inkjet namun biaya yang dikeluarkan lebih mahal. Hasil cetak dokumen hitam lebih tajam dan bila kertas menjadi lembab tinta tidak akan melebar karena menggunakan serbuk tinta dan butuh pemanasan.

Bila menjalankan usaha rental komputer atau cetak dokumen pekerjaan untuk melayani anak sekolahan atau anak kuliah / mahasiswa tentu menggunakan printer inkjet karena biaya cetak yang lebih murah dan terjangkau, hmm beda kalau menggunakan printer laser biaya lebih tinggi sedikit, bisa-bisa jasa cetak dokumen Anda akan sepi.

Permasalah printer inkjet sering "jamming" meminta restart dengan kode-kodenya bila terjadi masalah sering terjadi. Ketika diperbaiki akan mengulang lagi seperti itu. Apalagi bila "overdosis" penggunaan printer ini, proses cetak tanpa henti, printernya akan menjadi korban akhirnya rusak. Apalagi sering diisi dengan tinta tidak standar alias suntik, cartidge jadi korban akhirnya beli dengan cartridge baru beberapa kali beli cartirdge baru akan seharga dengan printer baru. 

Baca juga Manfaat blu ray disk

Pun printer laser, filmnya haus, serbuk tonernya habis diisi dengan toner baru, namun akhirnya kualitas cetak jadi jelek. Apalagi terselip "necis"/ kawat staples filmnya robek selesai sudah. Ganti baru film dan toner sudah bisa dapat printer laser baru lagi.

Nah ada beberapa pertimbangan bila ingin membeli printer inkjet atau printer laser :

Printer inkjet tidak secepat mencetak seperti printer laser, volume pencetakan juga tidak sebesar printer laser, namun semua harus dipahami, ikuti panduan kemampuan mencetak kedua tipe printer tersebut. Jangan dipaksakan.

Beberapa printer inkjet terbaru sudah wadah tinta dengan ukuran tertentu, jadi ketika melakukan isi ulang tinta maka  tidak akan berlebihan. Dibeberapa kasus ketika mengisi ulang tinta dengan menebak-nebak malah membuat proses pencetakan menjadi macet alias tintanya tidak keluar, huh pusing..

Bila mempunyai bisnis kecil dan klien setuju dengan biayanya ada baiknya menggunakan printer laser, karena hasil cetak yang baik menambah keyakinan klien dengan usaha Anda, berikan yang terbaik.

Enjoy

Read More:

Komentar

Related posts

How to Use Spdif Out On Motherboard

Penyebab Cpu Nyala Tapi Monitor Tidak Nyala

Panduan Membersihkan Cache Browser