Penyebab Power Supply PC Rusak

Cara Ganti Power Supply PC
Kasus 1 : 

Power supply atau catu daya pada personal computer merupakan perangkat yang sangat penting bagi komputer Anda. Ibarat makanan bagi tubuh manusia, bila kurang makan alias gizi maka tubuh akan lemas / letih / lesu, apalagi kalau tidak punya duit..maaf bercanda.., bila tidak mencukupi dayanya maka kinerja pada perangkat lain seperti hard drive, CDROM dan CPU. Daya 300-400 watt sudah mencukupi komputer / pc yang digunakan.

Banyak beredar dipasaran power supply pc ini dari kelas murah sampai mahal, dari kelas basic sampai kelas premium dengan kebutuhan ringan cukup digunakan seperti editing dokumen sampai kelas berat seperti bermain game atau video editing.

Dari pengalaman kerusakan power supply yang masuk ke meja kerja service saya, seperti korselting karena cicak (benar ini saya termukan) ada didalamnya, komponen elektronik crash / rusak seperti elko terbakar, resistor terbakar, ic terbakar, transistor terbakar. Kotor karena debu juga saya dapatkan, debu yang begitu tebal kemudian menjadi lembab menyebabkan hubung pendek pada jalur pcb atau kabel menyebakan korselting terjadi. Beberapa fuse / sekering menjadi putus karena hal ini, namun malah kadang sekeringnya bagus malah komponen catu daya yang rusak.

Jika power supply pc ini rusak permanen mudah menggantinya, namun beberapa kasus ditemukan ketika pc booting tidak berapa lama kemudia pc mati, sistem operasi mulai berjalan kemudian hang atau crash, bahkan pc hidup namun tidak booting. Belum lagi ketika menjalankan aplikasi berat seperti desain grafis, atau video editing, harddrive keteteran saat melakukan eksekusi aplikasi, kadang indetifikasi kerusakan pada aplikasi atau spek cpu atau memori / RAM namun ternyata yang bermasalah ada catu daya pc nya.

Tahap penggantian power supply
Bahan : power supply pc baru
Alat : obeng, tang

Matikan cpunya, jangan lupa lepas kabel listriknya, entar kesetrum tanggung sendiri akibatnya...
Buka case cpu, gunakan tang, jangan lupa simpan bautnya. Kemudian buka juga baut dari power supply pada case cpu. Lepas kabel konektor dari power supply ke mainboard, lakukan dengan hati-hati. Memasang power supply baru kebalikan dari melepasnya, tancapkan konektor catu daya ke mainboard pc dengan hati-hati dan tidak akan pernah terbalik karena konektornya sudah didesain sedemikian rupa.

Bila sudah selesai, nyalakan cpunya, bila tidak berhasil coba cek kembali instalasinya apakah ada yang tidak tepat.

Bermanfaat.
Read More:

Komentar

Related posts

How to Use Spdif Out On Motherboard

Penyebab Cpu Nyala Tapi Monitor Tidak Nyala

Panduan Membersihkan Cache Browser