Waspada Menggunakan Wifi Publik


Hallo Kompu-ers :: Suka menggunakan wifi publik di mall, cafe atau airport cenderung bahaya, waspada dan hati-hati suka ada tangan jahil. Salah satu cara mengamankan jaringan wireless komputer bukan perkerjaan mudah namun cukup membantu dari pihak tangan-tangan jahil. Tidak mudahnya dimana? lebih banyak kepentingan dan dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Kalau konfigurasinya sih tidak terlalu merepotkan.

Beberapa device wireless pernah saya tangani dan konfigurasi ketika Saya bekerja di salah satu perusahaan, merek lynksys salah satunya. Mengkonfigurasi suatu device tidaklah repot karena konfigurasinya sudah diatur pada produk tersebut tinggal bagaimana Anda memfungsikannya. Setelah klik sana klik sini konfigurasi device tersebut ke komputer / pc / laptop bisa dilakukan.

Nah dari intro diatas kisahnya berlanjut..
Koneksi internet nirkabel aka wireless memang memudahkan koneksi jaringan Anda namun sangat menguntungkan bagi mereka yang tidak berniat baik.
Mengapa?..

Sistem nirkabel sangat rentan terhadap penyusup digital sehingga data pribadi atau hasil pekerjaan Anda akan mudah mereka dapatkan. Namun, koneksi nirkabel tersebut dapat diproteksi atau melindungi diri dengan menggunakan enkripsi wep (wired equivalent privacy) atau wpa (wi-fi protected access), yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan sandi sebelum mereka diizinkan untuk mengakses jaringan nirkabel Anda.

Kadang ada-ada saja yang ini masuk atau mengakses jaringan tersebut karena sebagian dari mereka tidak diperkenankan untuk mengakses jaringan tersebut ya sesuai jabatannya. Dari enkripsi tersebut diatas saya pernah uji coba jarak atau jangkauan perangkat tersebut, ketika menggunakan enkripsi wep dan wpa jarak jangkauan device lebih pendek dari pada tidak memakai enkripsi, baru tahu betul setelah praktiknya...

Terkait cara mengamankan wireless komputer Anda pada saat menggunakan jaringan nirkabel, berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan pada komputer Anda:

Mengaktifkan kompute update, turn on automatic updates, walau opsi ini bagus yaitu meningkatkan security, memperbaharui file yang usang, namun dari pengalaman saya membuat komputer menjadi lambat ya karena saat bekerja sering sekali file windows melakukan update.
Gunakan firewall, firewall mencegah hacker atau sofware jahat / malicious software mendapatkan akses ke komputer anda melalui jaringan internet.
Jalankan antivirus secara rutin, virus bisa masuk ke komputer dari email, files atau files downloaded dari the internet.Pada pengaturan windows anda buka control panel\network and internet\network and sharing center\advanced sharing settings dan lakukan sebagai berikut :
  • Network discovery : turn off
  • File and printer sharing : turn off
  • Public folder sharing : turn off
  • Password protected sharing : turn on

Demikian tips cara mengamankan wireless komputer Anda, terima kasih mengunjungi terminal cpu.

Bermanfaat

Read More:

Komentar

Related posts

How to Use Spdif Out On Motherboard

Penyebab Cpu Nyala Tapi Monitor Tidak Nyala

Panduan Membersihkan Cache Browser