Cara Seting Agar Layar Laptop Tetap Menyala Lebih Lama

Apakah kamu pernah merasa kesal karena layar laptop tiba-tiba mati saat sedang tidak digunakan? Jika iya, kamu tidak sendirian. Banyak pengguna laptop yang membutuhkan layar tetap menyala lebih lama, terutama saat sedang bekerja atau menonton video. Berikut ini adalah panduan praktis untuk mengatur agar layar laptop kamu tetap menyala lebih lama, khususnya untuk pengguna Windows 10, Windows 7, dan Windows 8.1.


Langkah-langkah Mengatur Layar Laptop Agar Tetap Menyala

1. Buka Control Panel
   - Pertama, klik ikon Windows di pojok kiri bawah layar, lalu ketik Control Panel dan tekan Enter.
hardware and sound cp windows 10
Hardwar and sound pada control panel
   
2. Masuk ke Hardware and Sound
   - Di dalam Control Panel, pilih opsi Hardware and Sound. Untuk memudahkan pencarian, ubah tampilan menjadi Category di bagian kanan atas.

power setting control panel
Change when the computer sleeps


3. Pilih Power Options
   - Selanjutnya, klik Power Options. Di sini, kamu akan melihat beberapa opsi pengaturan daya.

Kondisi display saat di charger dan on battery
Setting pada saat charger dan menggunakan battery


4. Ubah Pengaturan Rencana Daya
   - Pilih rencana daya yang sedang aktif (biasanya Balanced), lalu klik Change plan settings.

pilih waktu layar akan mati
Lama waktu yang bisa dipilih

5. Atur Waktu Layar Mati dan Sleep
   - Pada bagian Turn off the display dan Put the computer to sleep, ubah keduanya menjadi Never. Ini akan memastikan layar laptop tetap menyala dan tidak masuk mode sleep secara otomatis.

6. Simpan Pengaturan
   - Klik Save changes untuk menyimpan pengaturan yang telah kamu ubah.

Tips Tambahan

- Windows 7 dan 8: Langkah-langkahnya hampir sama, hanya tampilan yang sedikit berbeda. Kamu bisa mengikuti panduan ini dengan mudah.
- Gunakan Mode Presentasi: Jika sering melakukan presentasi, gunakan mode ini untuk mencegah layar mati saat sedang tidak digunakan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa memastikan layar laptop tetap menyala lebih lama sesuai kebutuhanmu. Semoga panduan ini bermanfaat dan membuat pengalaman menggunakan laptop menjadi lebih nyaman!

---

On battery : Posisi laptop saat sedang dalam kondisi hanya menggunakan batterai laptop saja. Artinya sedang tidak dalam kondisi di charger (dicas). Sehingga setting khusus saat batterai laptop dipakai atau dipasang dan tidak sedang di charger (dicas).

Plugged in : Kondisi laptop saat dalam keadaan disambungkan ke charger ( saat di cas). Jadi intinya keadaan saat laptop di charger. Baik saat itu ada batterai maupun tidak. Jadi setting yang berjalan pada saat laptop dicharger dengan daya.

Turn of the display : Kapan saat display (layar) mati. Disini kita memiliki dua pilihan yakni on battery (saat menggunakan batterai) dan plugged in ( saat di charger). Kita atur berapa lama layar akan mati dan tetap menyala pada bagian ini. Kamu bisa ubah sesuai kebutuhan. Defaultnya adalah 5 menit pada on battery (saat menggunakan baterai) dan 5 menit pada plugged in (saat di charger). Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di atas. Lama waktu untuk layar mati sudah kita ganti menjadi 15 menit on battery dan 20 menit plugged in. 

Jadi inti dari pembahasan kita kali ini adalah pada pengaturan tersebut. Kamu bisa merubahnya sesuai kebutuhan, bisa diganti 10 menit, 20 menit, 1 hour (1 jam), 5 hour (5 jam), dst. Seperti yang bisa kamu lihat di bawah ini.

Jika sudah mantap dengan pilihannya. Selanjutnya klik (pilih) save . Maka sekarang layar laptop milik kamu akan menyala dan mati selama waktu yang kamu pilih.
[problem solved]

TAMBAHAN 

Untuk dua pengaturan lainnya yakni Put the computer to sleep dan adjust plan brightness digunakan untuk pengaturan berapa lama waktu yang kamu inginkan saat laptop pada kondisi sleep dan untuk mengatur kecerahan layar lapto kamu.

Put the computer to sleep : mengatur lama waktu komputer dalam kondisi sleep. Kamu bisa memilih waktu yang dibutuhkan laptop untuk sleep dalam dua kondisi on battery dan plugged  in seperti pada pengaturan turn off  the display.

Adjust plan brightness : mengatur kecerahan layar. Cara ini bisa kamu gunakan saat tombol kecerahan layar tidak berfungsi. Caranya adalah dengan menggerser ke kanan dan kekiri. Ke kanan maka layar akan semakin terang, ke kiri maka layar akan semakin gelap. Pada bagian ini kamu juga memiliki dua pengaturan yakni saat on battery (saat menggunakan baterai) dan plugged in (saat laptop dalam kondisi di charger/ dicas).

Nah itulah cara mudah agar layar laptop bisa menyala lebih lama. Intinya semua bisa kamu atur sesuai kebutuhan dan keinginan. Itulah asiknya menggunakan sisterm operasi windows. Jika masih ada yang belum jelas, silahkan kamu bisa bertanya pada kolom komentar.
Read More:

Komentar

Related posts

How to Use Spdif Out On Motherboard

Fungsi Coaxial Out Pada Tv Polytron

Apa itu Kabel SPDIF dan Penjelasannya

Penyebab Speaker PC Dipasang Tidak Ada Suara