USB Flash Drive Penyimpan Data Mudah Dan Ringkas

Hallo Kompu-ers::
Bila anda penggiat atau hobi berkecimpung di dunia Information Technology, istilah EEPROM atau "Electrically Erasable Programmable Read Only Memory" pasti tidak asing. Namun bagi orang biasa paling mudah menyebut USB flash drive atau flash memory drive, padahal dasarnya usb flash drive tersebut adalah EEPROM.

Saat ini USB Flash Drive sangat mudah ditemukan dan harganya juga sangat terjangkau. Memiliki usb fd ini tidaklah rugi karena bentuknya yang mungil dan ringan tahan terhadap bantingan dan tahan terhadap kelembapan terbukti dari beberapa usb flash drive berbentuk stick / batangan kecil yang saya miliki.

Penggunaannya pun mudah, pada sistem operasi windows anda hanya mencolokkan flash drive tersebut pada konektor usb pada pc atau laptop anda. Dan biasanya sistem operasi tersebut akan langsung mengenal perangkat ini, plug and play. Silahkan tunggu beberapa saat OS windows mengenali perangkat ini karena tidak membutuhkan driver yang perlu di install untuk menggunakan perangkat ini. Berbeda pada awal-awal kemunculan usb fd ini membutuhkan driver pada OS windows lawas seperti Windows XP, ini pengalaman saya sendiri.

Kebanyakan usb flash drive digunakan untuk menyimpan data, dari yang saya perhatikan, kebanyakan digunakan untuk menyimpan hasil pekerjaan. Sangat tidak disarakan menggunakan perangkat ini untuk menyimpan data pribadi, karena rentan perangat ini dicuri karena bentuknya tadi juga di ambil datanya. Walau ada jalan lain yaitu ketika menyimpan pekerjaan pada usb fd ini data anda di proteksi dengan password atau di enkripsi.

Beberapa pengalaman saya, usb flash drive mengalami kerusakan ketika melakukan pemindahan data dengan kapasitas besar. Setelah melakukan copy data ke flash drive kemudian memindahkannya pada laptop yang lain, flash drive mengalami corrupt dan minta dilakukan format. Namun saat eksekusi format flash drive ini selalu gagal dan sudah saya lakukan di dua laptop dan satu pc. Inisiatif lain saya akan melakukan format usb flash drive tersebut mengguna OS Linux, namun laptop menggunakan OS Linux masih kesulitan saya dapatkan.

Semoga teknis dan fungsi dari USB Flash Drive ada manfaatnya.

thanks
Read More:

Komentar

Related posts

How to Use Spdif Out On Motherboard

Penyebab Cpu Nyala Tapi Monitor Tidak Nyala

Panduan Membersihkan Cache Browser