Wireless Network Anda Perlu Dilindungi, Caranya?

Jaringan tanpa kabel sekarang ini bukan merupakan hal awam lagi walau penggunaannya hanya tahu secara terbatas namun sudah cukup untuk melindungi jaringan perangkat anda dari tangan-tangan jahil. Menggunakan wireless network tentu lebih mudah dan flexible daripada kabel walau ada tetap masih ada yang menggunakannya.
Wireless Network Anda Perlu Dilindungi, Caranya?

Jaringan network tanpa kabel ini masih rentan untuk diserang oleh praktisi jaringan tentunya, hacker dan juga disusupi oleh sofware jahat(malicious). Jaringan wireless ini menggunakan gelombang radio sehingga bisa melewati pembatas ruangan rumah anda dan menyebar sesuai kekuatan gelombang radio tersebut akibatnya bila ada perangkat lain yang aktif untuk menerima gelombang tersebut dan terkoneksi, informasi data pada perangkat anda akan begitu mudah di akses oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Jadi bagaimana anda tahu seberapa aman wireless network yang anda gunakan?
Jawabnya tidak ada jaminan secara lengkap keamanan pada jaringan wireless anda.

Namun langkah-langkah berikut bisa meminimalkan resikonya.
  1. Ketika melakukan koneksi hendak jaringan tersebut memiliki network security key atau pasword karena ini melindungi perangkat anda (pc, smartphone) dari akses yang tidak sah.
  2. Bila melakukan koneksi ke internet service provider (ISP), pada jaringan publik seperti tempat kopi, mall, hotel, airport, baca informasi/pengumuman untuk penggunaan jaringan tersebut.
  3. Bila terhubung ke sebuah jaringan dengan tidak aman/tidak ada proteksi password, berhati-hatilah seseorang akan mengintip apa pekerjaan yang anda lakukan pada perangkat anda. Dokumen yang anda miliki, username dan password dan lainnya.
Wireless Network Anda Perlu Dilindungi, Caranya?
Baca juga:
Menggunakan Perintah Dasar Command Prompt Untuk Jaringan
Mengenal Perangkat Komputer, Laptop, Smartphones Dan Fungsinya

Beberapa langkah dibawa ini dapat anda ikuti untuk meminimalkan kejadian yang tidak mengenakkan seperti diatas.Lantas bagiamana dong jalan keluarnya?
  • Jangan lupa lakukan update perangkat anda. Update ini lakukan sesuai kebutuhan dan bila perlu di install kunjungi website yang direkomendasikan.
  • Gunakan firewall walau dari pengalaman beberapa kali firewall bisa ditembus, kasusnya saat user menggunakan flashdisk untuk memindahkah data ternyata flashdisknya terkena virus yaa akhirnya kena deh satu grup jaringan.
  • Bila anda bekerja pada lingkup perusahaan menggunakan perangkat router biasanya lebih terjamin karana perangkat ini sudah memiliki firewall, namun lagi-lagi tidak menjamin ketika user mengakses data dari tempat lain ketika data ini sudah disusupi virus, seperti lampiran file terkena virus walau kadang-kadang ada antivirus yang mumpuni namun masih bisa lolos, ingat kasus virus heboh kemarin.
Semoga bermanfaat.
Read More:

Komentar

Related posts

How to Use Spdif Out On Motherboard

Penyebab Cpu Nyala Tapi Monitor Tidak Nyala

Panduan Membersihkan Cache Browser