Apa itu USB Hub? Yuk Cari Tahu

Apa itu USB Hub?.. Sejak pertengahan tahun 90-an kita telah melihat kelahiran dan pertumbuhan dari teknologi penghubung yang disebut Universal Serial Bus (USB). Awalnya dirancang untuk menghubungkan komputer dan peralatan telekomunikasi, dan telah perlahan-lahan menjadi sarana utama menghubungkan berbagai macam perangkat dan telah membuat kontribusi signifikan untuk hari ini bagi dunia teknologi.

Perangkat USB hub yang diproduksi dan beredar dipasar saat ini luar biasa perkembangannya mulai dari mouse dan keyboards, modem, hard drive eksternal dan bahkan alat penghangat pembuat kopi! perangkat-perangkat ini bisa dihubungkan komputer melalui USB port. Bila selama ini USB port paling banyak digunakan untuk koneksi data pada harddrive serta mouse, namun saat ini penggunaan USB port sudah lebih luas.

Namun ada kalanya ketika menggunakan pc atau laptop USB port yang tersedia terbatas hanya ada dua atau tiga port USB. Padahal kebutuhan perangkat yang terhubung pada pc atau laptop ketika melakukan pekerjaan lebih dari port pada pc atau laptop tersebut. Akibatnya tidak terelakkan untuk menarik dan menancapkan perangkat Anda pada port USB yang nantinya mengakibatkan keausan pada konektor dan port USBnya.

Baca juga:

Solusinya?

Menggunakan USB Hub. Alat ini memperluas jumlah port USB sebagai alat alternatif untuk memberi kebebasan menancapkan perangkat Anda ketika USB port tadi terpakai secara maksimal. USB Hub ini merupakan unit kecil dengan dua atau tiga lebih port USB

Ada beberapa tipe USB Hub ini seperti:

1. USB Hub (Non Powered)

USB tipe ini biasanya digunakan dengan perangkat lain yang dimana koneksi dengan perangkat lain tersebut tidak membutuhkan power/daya listrik. Flashdisk dan smartphone menggunakan daya yang kecil.

Namun bila perangkatnya seperti printer, scanner, kamera digital membutuhkan lebih pada HUBnya karena perangkat tersebut menggunakan tanaga mekanik yang jelas membutuhkan daya yang lebih bila Anda menggunakan beberapa perangkat USB bersama-sama.

2. Powered USB Hub

Instalasi USB Hub powered sangat mudah dan kompak, dapat langsung dicolokkan salah satu port USB yang ada di komputer Anda, sehingga sekali lagi ada tidak perlu membuka komputer Anda untuk menginstalnya. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa Powered Hub terpisah power supply dan arus terpasang daya listrik.

Semoga bermanfaat.
Read More:

Komentar

Related posts

How to Use Spdif Out On Motherboard

Penyebab Cpu Nyala Tapi Monitor Tidak Nyala

Panduan Membersihkan Cache Browser